Jakarta, NU Online
Wabah Covid-19 tidak hanya menghasilkan dampak terhadap kesehatan dan ekonomi, tetapi juga anak muda dan agama. Fenomena super-spreaders yang datang dari kluster kegiatan-kegiatan keagamaan tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di Korea Selatan dan India. Sebab dari fenomena ini salah satunya adalah adanya fragmentasi pemaknaan agama terhadapĀ Covid-19.
Ā
Di saat yang bersamaan, anak muda saat ini menjadi kelompok yang rentan terpapar berita palsu di media sosial yang mengatasnamakan agama, sekaligus juga menjadi agen yang melakukan gerakan-gerakan kemanusiaan untuk membantu mengatasi ekses dari pandemi.Ā
Ā
Pada diskusi Diskusi DaringĀ Covid-19,Ā Anak Muda dan AgamaĀ beberapa waktu lalu,Ā Dyah Ayu Kartika (IPAC) mengatakanĀ super-spreaders adalah istilah untuk menjelaskan adanya seseorang atau kelompok orang yang menyebabkan penyebaran Covid-19Ā dalam jumlah banyak di suatu wilayah.
Ā
Dyah mencatat setidaknya ada enam kasus super-spreaders dari kegiatan keagamaan di Indonesia, seperti Ijtima Jamaah Tabligh di Gowa dan Seminari Bethel di Petamburan. Sebagian kasus bahkan terjadi sebelum pasienĀ pertamaĀ Covid-19Ā ditemukan di Indonesia.
Ā
Kata Dyah, hal ini merupakan tantangan bagi upaya pencegahan Covid-19Ā yang disebabkan oleh beberapa hal, seperti inkonsistensi peraturan pemerintah, masyarakat yang semakin nekat, Ramadhan Ā yang secara kultur biasa digunakan masyarakat sebagai momen untuk melakukan praktik keagamaan komunal yang lebih intens, di samping budaya mudik yang saat ini dibatasi.
Ā
Sementara Prof HĀ Mujiburrahman (Rektor UIN Antasari, Banjarmasin) mengatakanĀ beberapa skenario dampak Covid-19 terhadap agama di masa depan.
Ā
"Covid-19Ā bisa berdampak pada kelompok agama transnasional. Di masa depan, citranya bisa merosot atau justru sebaliknya. Begitupun dengan praktik keagamaan komunal dan personal. Bisa jadi praktik agama personal menjadi semakin berkembang, atau justru karena praktik keagamaan komunal dibatasi, di masa depan akan menjadi semakin membludak," paparnya.
Ā
Saat ini umat beragama harus bisa memperluas pemaknaan ibadah, tidak hanya sebatas ritual komunal saja. Membantu orang yang paling terdampak COVID-19 juga merupakan ibadah. "Saat ini umat beragama dapat melakukan 'jihad' kemanusiaan seperti mematuhi PSBB dan berempati terhadap pekerja medis," tambahnya.
Ā
Narasumber lainnya,Ā Rifa Mufidah (Jaringan Gusdurian), memaparkan, Jaringan Gusdurian melalui gerakan #SalingJaga telah melakukan contoh baik. Gerakan oleh mayoritas anak muda lintas iman ini telah menggalang dana untuk membantu pekerja informal dan kelompok rentan yang terdampak secara ekonomi.
Ā
"Per-hari ini telah terkumpul 5.6 miliar rupiah dan sudah ada 20.000 lebih paket sembako yang didistribusikan." Gerakan ini juga membuka 67 posko yang tersebar di seluruh Indonesia dan 1 di Malaysia. Saat ini ada lebih dari 1.000 relawan yang terlibat. "Anak muda bisa berkontribusi dengan banyak cara, tidak hanya dengan uang, tetapi juga waktu dan tenaga", paparnya.
Ā
Editor: Kendi Setiawan